Mengintip Visi-Misi Sahabat Asrul Azis, Calon Ketua Umum PC PMII Tangerang Periode 2022-2023

  • Bagikan
banner 468x60

 

Infoxpos.com – Tangerang – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) merupakan wadah pembentukan mahasiswa yang berlandasakan nilai-nilai ke-Islaman dan ke-Indonesiaan yang menjunjung tinggi intelektual dan spiritual serta diskursus problematika sosial.

banner 336x280

Tangerang merupakan salah satu daerah yang mampu mencetak kader-kader PMII yang tidak hanya berbasis kuantitas namun juga kualitas, dengan begitu adanya penyegaran ide dan gagasan yang inovatif sangat perlu seiring perkembangan jaman.

Konferensi Cabang (Konfercab) merupakan permusyawarahan kepengurusan di tingkat kabupaten atau kota, demi menentukan nahkoda organisasi selanjutnya sebagai estafet kepemimpinan. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Organisasi tentang Strategi Rekruitment Kepemimpinan PMII. Konfercab merupakan agenda akhir masa jabatan dalam menyampaikan hasil Laporan Pertanggung Jawaban selama periode masa kepengurusan.

Sahabat Asrul Azis Demisioner Ketua Komisariat STISNU Nusantara Tangerang masa khidmat 2020-2021, yang hari ini mencalonkan diri menjadi Ketua Umum PC PMII Tangerang masa Khidmat 2022-2023.

Azis melihat perbincangan tentang inovasi kaderisasi di Cabang Tangerang, wacana gerakan PMII Tangerang tak lekang ditelan waktu. Semangat yang terus tumbuh sejalan dengan bergeraknya zaman menjadikan PMII semakin unggul sekaligus berperadaban.

“Hal itu merupakan ikhtiar dasar yang perlu ditanam. Keduanya tak boleh dipisahkan. Baik inovasi kaderisasi maupun wacana gerakan,” tegasnya.

Hal itulah yang melandasinya mengambil visi “Mewujudkan PMII Tangerang yang unggul, profesional, dan berperadaban”. Tegas Azis.

Sebab PMII Tangerang sebagai organisasi di tingkat daerah dapat dikatakan sudah sangat matang dengan jumlah kader yang melimpah baik secara kualitas maupun kuantitas.

Mengutip yang disampaikan oleh ketua umum PB PMII Sahabat M. Abdullah Syukri terkait data Nasional di acara Pelantikan PC PMII Tangerang pada 2021 lalu.

“PMII Tangerang harus menjadi cabang yang menyumbang jumlah anggota baru atau anggota aktif pada tiap tahunnya,” tutur Azis.

Baginya tidak berlebihan kiranya apabila PMII Tangerang di sebut-sebut sebagai episentrum kaderisasi PMII secara nasional kedepan. Selain karena banyaknya jumlah komisariat dan rayon yang melakukan rekrutmen anggota baru secara terus menerus.

Disisi lain, Sahabat Asrul Azis yang juga telah membukukan karyanya berjudul Jalan Pergerakan ini, mengusung enam misi yang dianggap relevan dan mampu menjawab tantangan untuk PMII Tangerang ke depan.

Pertama, pembentukan dan pengembangan tim instruktur. Baginya ini sangat penting sebab sebagai organisasi yang dituntut mencetak kader-kader yang mampu mengimplementasikan nilai-nilai PMII harus ada tim khusus dalam menangganinya secara intensif.

Kedua, Digitalisasi administrasi. Tak dapat dipungkiri bahwa kondisi hari ini serba teknologi. Semua orang mampu mengakses segala kebutuhan informasi dengan cepat dan tepat.

“Digitalisasi administrasi diharapkan mampu menjadikan PMII, sebagai organisasi yang tidak hanya disiplin administrasi saja, namun juga akses data lebih mudah,” jelasnya.

Selanjutnya, standarisasi kaderisasi. Tentu ini hal mutlak yang harus terpenuhi. Sebab kemampuan kader yang menjadi jawaban keresahan masyarakat harus memiliki kemampuan serta skill yang benar-benar profesional itu sesuai dengan misi. Makanya perlu dan penting adanya standarisasi kaderisasi.

Selain itu juga optimalisasi kelompok profesi juga menjadi fokus sahabat Asrul Azis. Melihat selama ini banyaknya kader yang belum menemukan fashion skill sesuai dengan kebutuhan. Yang artinya membutuhkan pemetaan sesuai dengan konteks zaman dan tempat nantinya para kader berkiprah.

Pria kelahiran Tangerang, 28 juni 1997 ini juga mencanangkan rancangan rencana strategis (renstra) gerakan jangka panjang. Sebagai rel pergerakan nantinya para kader PMII Tangerang.

Sahabat Asrul Azis juga nantinya akan mengoptimalisasikan penelitian dan pengembangannya. Karena SDM yang ada di PMII harus dioptimalkan dalam bidang penelitian, sebab dari penelitian inilah kita memiliki kekuatan data yang akurat serta mampu merancang solusi yang tepat,” tegasnya.

Salam ta`dzim
Salam pergerakan

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *