FESTIVAL MAULID: MENJADI AJANG BERPRESTASI SANTRI

  • Bagikan
banner 468x60

 

Infoxpos.com – Serang – Pengurus Pusat (PP) Pondok Pesantren Al-Fathaniyah menggelar Festival Maulid untuk Memperingati Hari Lahir Baginda Sayyidina Nabi Muhammad SAW 1443 H yang bertempat di Majelis KH. Syarkowi bin Rofiq Pondok Pesantren Al-Fathaniyah, Tengkele, Cipocok Jaya, Kota Serang, Sabtu (09/10/2021).

banner 336x280

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua puluh satu hari yang dimulai sejak tanggal 09-31 Oktober 2020 hari ini yang diikuti oleh 500 Peserta.

Festival Maulid tersebut adalah kegiatan rutinitas pesantren yang diselenggarakan setiap momentumnya diawali dengan Pawai Obor Keliling Lingkungan Komplek Tembong Indah.

Ketua Panitia Organizing Commite (OC) Semarak Maulid Hifni Kemal mengatakan, rutinitas kegiatan ini adalah demi mewujudkan Santri yang Berprestasi dalam segala bidang sesuai dengan tema yang diusung pada tahun ini “Semangat meraih Prestasi yang lebih baik dengan membangkitkan kesadaran jiwa Santri melalui kreasi dan seni yang Qur’ani”

Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Festival Maulid Sayyidina Nabi Muhammad SAW 1443 H diikuti oleh semua kafilah/utusan diantaranya ialah Komplek Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Ibnu Abbas, Abu Hurairah, Bilal bin Rabah, Ababil, Imam al-Ghazali, Al-Ikhlas, al-Barokah Imam Syafi’i (mamang santri) Komplek Fatimah az-Zahra, Khadijah al-Kubra, Rabi’ah al-‘Adawiyah, Mar’ah as-Shalihah, Halimah As-Sa’diyah, dan Komplek Amama (bibi santri).

Ketua Panitia (OC) mengungkapkan, agenda sakral ini adalah agenda rutinitas tahunan yang dilaksanakan oleh Pengurus PP Al-Fathaniyah dengan berbagai macam jenis perlombaan diantaranya ada Musyabaqoh Hifdzil Kitab, Musyabaqoh Hifdzil Qur’an, Musyabaqoh Marhaban serta Nushah dan jenis lomba lainnya. Yang diikuti oleh seluruh mamang santri dan bibi santri. Meneguhkan, Merawat dan Menjaga warisan Islam Ahlussunah wal Jama’ah (Aswaja) An-Nahdliyyah kepada generasi milenial bangsa ini. Ujar Hifni Kemal yang akrab disapa Mang Vela, Sabtu (09/10/21).

Muhammad Ibrahim selaku Ketua Panitia Steering Commite (SC) menuturkan, bahwa memperingati Hari Kelahiran Sang Pendobrak Zaman Kezahiliyahan, Sang Revolusioner 17 Roka’at, semoga kita selaku umatnya dalam hal ini santri bisa meneladani beliau sebagai percontohan umat manusia di bumi ini.

“Semoga dengan diselenggarakannya Festival Maulid ini mampu merekonstruksi semangat baru untuk terus tingkatkan kualitas belajarnya dan terus berproses menjadi yang terbaik misalnya ajang bergengsi Cabang MHQ Juz Amma, MHK al-‘Awamil Mandaya, Jurumiyah Mandaya, Mulhat al-‘Irab menjadi tolak ukur kemampuan kita menjadi yang terbaik dari semua yang terbaik”. Kata Ibrahim yang juga Lurah Pondok (Ketua Umum) Pengurus Pusat Pondok Pesantren Al-Fathaniyah.

Sementara itu, Ustadz Saefudin selaku Pembina sekaligus Dzuriyah/Keluarga Pondok Pesantren Al-Fathaniyah mengatakan, mari kita tingkatkan rasa ‘mahabbah’ kecintaan kita kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dengan memperbanyak shalawat, dengan membaca shalawat ini insyaallah kita mendapatkan keberkahan dan di Yaumil qiyamah nanti kita mendapatkan Syafa’atnya.

Festival Maulid ini adalah program PP Al-Fathaniyah, saya mengajak kepada seluruh santri dan elemen masyarakat mari kita bersama-sama dengan menyemarakan, mengagungkan sekaligus memeriahkan kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti ajaran-ajaran yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW yang telah digaungkan oleh Generasi Sahabat, Tabi’in, Tabi’ittabi’in dan Ulama sebagai pewaris Nabi.

Lebih lanjut, kita sebagai umatnya tentu riang dan gembira menyambut kelahiran beliau yang sampai hari ini diseluruh Penjuru Negeri memeriahkan dengan kreasinya dan berprilaku hidup dalam kehidupan sehari-hari dengan berpedoman kepada sumber hukum Islam yakni Al-Qur’an, al-Hadis, Ijma’ dan Qiyas sesuai dengan petunjuk Ulama Salafunassholih, ujarnya Pak Aep sapaan akrabnya. ( RN )

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *