Bupati Nias Hadiri Seminar Sejarah Tuada Ho Dan Siōfa Tanōmō

  • Bagikan

 

Infoxpos.com – Nias – Bupati Nias Ya’atulo Gulo bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Sabayuti Gulō menghadiri seminar peningkatan akses masyarakat terhadap data dan informasi sejarah Tuada Ho Dan Siōfa Tanōmō, bertempat di gedung serbaguna Howu-Howu, Rabu (28/09/2022).

Tujuan pelaksanaan seminar ini yakni agar dapat diketahui informasi sejarah Tuada Ho Dan Siōfa Tanōmō berdasarkan penuturan para tokoh serta pendapat dari penggiat budaya dan arkeolog. Hal ini menambah wawasan dan pengetahuan sekaligus menjadi sumber inspirasi bagi generasi sekarang dan yang akan datang, papar PLT. Kadis Pendidikan Kabupaten Nias Tehegō Ndraha yang juga sebagai ketua panitia pelaksana seminar.

Pada pelaksanaan seminar ini ada tiga tenaga ahli khusus pada bidangnya yang menjadi Narasumber yakni Pastor Johannes Hammerle dari Museum Pusaka Nias, Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si peneliti ahli utama di BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dan Tomson Parnigotan Hutasoit sebagai Tim ahli cagar budaya Sumatera Utara.

Sambung Tehegō Ndraha, Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Nomor : 431/6018-bud/2022 tanggal 02 Agustus 2022 menjadi dasar pelaksanakan kegiatan seminar peningkatan akses masyarakat terhadap data dan informasi sejarah Tuada Ho Dan Siōfa Tanōmō, jelasnya. (Maria)

  • Bagikan
Exit mobile version