Wabup Nias Hadiri Pelaksanaan Koordinasi Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan Gido

  • Bagikan
banner 468x60

Infoxpos.com – Nias – Rapat Koordinasi Rembuk Stunting tingkat Kecamatan Gido dalam rangka percepatan penurunan Stunting Kabupaten Nias tahun 2023, dilaksanakan di Aula Serba Guna Kecamatan Gido, Kamis (25/05/2023).

Camat Gido Augusman Gulo, menerangkan langkah-langkah percepatan penurunan Stunting melalui;
1. Penetapan Lokus Desa Stunting Kecamatan Gido Tahun 2023;
2.Melaksanakan Rencana Aksi di Kecamatan Gido yakni;
a. Melaksanakan pemetaan dan analisis situasi
b. Penyusunan rencana kerja
c. Rembuk Stunting

banner 336x280

4. Pembinaan Desa Lokus Stunting
5. Sistem manajemen data
6. Pengukuran dan publikasi
7. Review kinerja tahunan

Melalui upaya tersebut di atas dan berkat dukungan dari berbagai pihak, angka stunting Kecamatan Gido mengalami penurunan yakni pada bulan April tahun 2023,13,69% dibandingkan angka stunting pada tahun 2022 sebesar Rp 25,3% berdasarkan survei status Gizi Indonesia (SSGI).

Wakil Bupati Nias Arota Lase, mengucapkan selamat dan menyambut baik pelaksanaan pertemuan ini.
“Ini merupakan acara yang sangat penting dan bermanfaat, dan merupakan forum komunikasi, koordinasi, dan sinkronisasi serta penggalangan komitmen bersama antara berbagai lintas program dan lintas sektor terkait seluruh stakeholder yang berperan dalam pembangunan kesehatan khususnya dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Nias”. Ucap Wabup

Stunting hingga saat ini merupakan masalah nasional yang mendapat prioritas utama dimana hal ini terjadi akibat kurang gizi dalam waktu yang lama yang terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak atau umur 2 tahun (1000 Hari Pertama Kehidupan) sehingga menimbulkan gangguan pertumbuhan pada anak (pertumbuhan fisik dan otak) sehingga anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan berpikir, sambungnya. (Mm)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *